Mengenal Penemu Kereta Api: George Stephenson

Penemu Kereta Api
Kereta api merupakan salah satu alternatif transportasi umum massal yang digemari saat ini. Hampir semua Negara memiliki kereta api. Mulai dari yang berteknologi sederhana hingga canggih. Beberapa pengamat transportasi menilai bahwa sarana mobilisasi kereta api ini merupakan alat transportasi yang paling aman dan memiliki tingkat kecelakaan yang paling rendah. Maka itu, wajar jika kereta api banyak digemari masyarakat dalam bepergian. Anda juga pasti pernah menggunakan kereta api bukan? Nah, tahukah Anda bagaimana sejarah diciptakannya kereta api? Dan siapa pula tokoh yang dijuluki dunia sebagai penemu kereta api? Jika belum, tak ada salahnya jika Anda menyimak uraian berikut ini.

Penemu kereta api yang diakui semua orang bernama George Stephenson. Ia lahir di sebuah kota bernama Wylam yang masuk ke dalam wilayah Northumberland, Inggris. Tanggal kelahirannya adalah 9 Juni tahun 1781. George Stephenson menghembuskan napas terakhirnya pada tanggal 12 bulan Agustus tahun 1848, saat itu ia berumur 67 tahun. George Stephenson berprofesi sebagai seorang insinyur kereta api. Saat kecil, George sempat bekerja sebagai seorang pengembala sapi. Saat itu usianya baru 8 tahun. Sambil mengembalakan sapi, ia juga sering ikut membantu sang ayah yang bekerja di sebuah pertambangan. Tugas ayah George Stephenson adalah memasukkan batubara di dalam tungku mesin uap. Karena kegigihannya, seiring berjalannya waktu, akhirnya George Stephenson diangkat sebagai kepala mesin uap di pertambangan tersebut.

Meski posisinya sudah mapan, namun George Stephenson tetap menyisakan waktunya untuk belajar. Ia memakai waktu malamnya untuk kursus. Dan setelah ia mahir membaca abjad, ia mulai gemar membaca semua buku yang berhubungan dengan mesin. Sampai suatu wakitu George diberi tugas untuk merancang sebuah mesin yang hendak digunakan untuk mengganti peranan kuda dalam menarik kereta yang berisi batubara. George akhirnya merancang sebuah mesin lokomotif yang digerakkan oleh uap. Mesin tersebut ia namai dengan blucher. Di sinilah cikal bakal ide tentang kereta api ditemukan pertama kalinya. Pada saat itu, mesin buatan George diterima dengan baik. Hal ini kemudian membuat George dipercaya sebagai insinyur untuk memimpin proyek pembangunan juga pengembangan jalur kereta api yang pertama di dunia. Jalur tersebut berada di Stokton-Darlington dan dibuka secara umum pada tahun 1825. Selanjutnya, George kembali dipercaya untuk ikut terlibat dalam proyek pembangunan jalur kereta api di Liverpool Manchester yang dibuka untuk umum pada tahun 1830.


Kontribusi George sebagai penemu kereta api tak berhenti sampai di situ saja. Ia juga pernah memenangi kontes atau sayembara dalam memilih mesin apa yang paling terbaik digunakan untuk kereta api pada saat itu. Dan berkat kecerdikannya, ia memenangi konstes tersebut. Ia merancang sebuah mesin yang ia namai Rocket. Mesin tersebut memberi kontribusi bagi peneliti selanjutnya yang kemudian menyempurnakan kereta api. Rocket sendiri masih bisa dijumpai generasi saat ini dan mendatang sebab ia diabadikan di salah satu museum di London.