Dua Sahabat Penemu Google: Larry & Sargey!

Siapa yang tak mengenal Google? Kedigdayaan situs pencarian di internet ini membuat ia didaulat sebagai situs yang paling banyak dibuka sepanjang waktu. Google yang berbasis di Mountain View, Caliofrnia Amerika Serikat ini memiliki peran tak hanya sebagai Search Engineering Site tapi juga berperan sebagai Cloud Computing, perangkat lunak serta teknologi iklan berbasis online. Sejak awal pendiriannya, google telah memiliki misi yang jelas yakni “To organize world’s informations and make it universally accessible and useful”. Selain itu, Google juga dikenal dengan slogan (yang tidak secara resmi diakui) yakni: Don’t Be Evil! Kehadiran Google telah merubah banyak sendi-sendi kehidupan masyarakat. Layanan yang dihadirkan seperti e-mail, blogging, map, google docs, google chrome dan fitur lainnya memang harus diakui membuat hidup banyak orang jauh lebih mudah dan terorganisasi. Melihat kehebatan Google, wajar jika kemudian banyak yang memuja tokoh di balik keberhasilannya. Siapa penemu google? Jawabannya, dua sahabat bernama Larry & Sargey!


Siapa Larry & Sargey? Keduanya merupakan patner kerja juga sahabat yang bahu-membahu mendirikan Google. Mereka memulai proyek ini saat mereka sama-sama masih kuliah di Universitas Stanford. Larry atau yang bernama lengkap Lawrence Edward Page lahir di Michigan pada tanggal 26 Maret 1973. Saat ini Larry menjabat sebagai Chief Executive Officer atau CEO dari perusahaan Google Inc. Larry memahami komputer dengan baik sebab kedua orangtuanya merupakan professor di bidang komputer sains. Sementara itu, Larry sendiri merupakan alumni dari East Lansing Hight School. Ia kemudian melanjutkan pendidikannya di Universitas Michigan dan berhasil merain gelar Bachelor of Science dengan mengambil jurusan komputer. 
Penemu Google 

Menanjak pada jenjang pendidkan selanjutnya, Larry memperoleh gelar master masih di bidang komputer di Universitas Stanfrod. Di masa inilah ia kemudian bertemu dengan Sergey Brin. Mereka pada mulanya tidak saling memahami sebab apa yang dibicarakan Larry tidak disukai Sergey, demikian sebaliknya. Uniknya, saat membicarakan menegenai ide situs pencari, mereka klop dan mulai merencanakan ide-ide brilian yang pada akhirnya menggiring mereka sebagai penemu Google: Situs raksaa abad ini. Sebagai penemu google, Larry disinyalir merupakan orang terkaya urutan ke-27 di dunia.

Sergey Mikhailovich Brin merupakan sosok yang melengkapi Larry. Ia lahir pada tanggal 21 Agustus di Moscow Uni Soviet tahun 1973. Sargey juga mempelajari komputer sama seperti larry. Saat ini ia menjabat President of Technology of Google. Kesuksesannya bersama Larry di Google mengantarkan Brin menjadi orang pada urutan 26 terkaya di seluruh dunia. Brin merupakan seorang yang berdarah Yahudi. Ayahnya sendiri bernama Mikhail Brin sementara ibunya bernama Evgenia Brin. Keduanya merupakan Ahli matematika di Moskow. Meski Brin lahir di Rusia, namun tepat saat usianya mencapai 6 tahun, keluarganya memboyong ia hijrah ke Amerika Serikat.

Brin memulai pendidikannya di sebuah sekolah dasar bernama Paint Branch Montossori di Maerika. Selanjutnya, ia diketahui memulai perkuliahan di Maryland University dengan fokus pada jurusan matematika juga komputer. Tahun 1993 ia meraih gelar Bachelor of Science. Selanjutnya ia kembali mengambil kelas master dan memilih University of Stanford dengan sokongan beasiswa National Science Foundations. Penemu google yang satu ini menikah dengan seorang ahli bioteknologi dari Yale University bernama Anne Wojcicki yang merupakan pendiri 23andMe. Brin dikenal sebagai sosok yang gemar berderma terutama bagi sekolah kedokteran University of Maryland. Alasannya, ibunya divonis penyakit Parkinson dan dirawat di RS Universitas of Maryland.