Antonio Meucci : Sang Penemu Telpon Yang Sebenarnya

Telpon adalah alat komunikasi yang menandai lahirnya modernitas di dunia. Jika dahulu manusia hanya mengandalkan surat menyurat untuk menyambung komunikasi dua pihak atau lebih yang dipisahkan jarak, maka kehadiran telpon memangkas semua keterbatasan komunikasi tersebut, yakni memakan waktu yang lama dan tidak efektif. Karena itu, tidak mengherankan jika penemuan telpon dianggap sebagai sesuatu yang signifikan. Saat ini kita mengenal telpon sebagai salah satu gadget canggih yang dimiliki hampir semua orang di dunia. Pernah membayangkan seperti apa rupa telpon saat pertama kali ia ditemukan? Tentunya sangat sederhana jauh dari tampilan dan kecanggihan telpon saat ini. Sang penemu telpon pertama kali adalah pria bernama Antonio Meucci yang berasal dari Italia. Dunia memang mengenal Alexander Graham Bell sebagai penemu telpon, tapi pada bulan Juni tepatnya tanggal 11 tahun 2002, Kongres Amerika Serikat melalui penelusuran sejarah yang objektif dan mendalam menetapkan bahwa penemu telpon yang sesungguhnya adalah Antonio Meucci.


Antonio Santi Giuseppe Meucci diketahui lahir pada tanggal 13 April tahun 1808 di San Frediano. Ia kemudian meninggal di tahun 1889 tanggal 18 oktober. Meucci merupakan seorang ilmuan yang dikenal menghabiskan seluruh waktunya untuk meneliti alat-alat baru, termasuk di dalamnya telpon. Meucci merupakan imigran di Amerika Serikat. Ia merupakan lulusan sebuah sekolah kesenian bernama Firenze. Meski demikian, rasa ingin tahunya sangat kuat sehingga di waktu senggangnya ia banyak meneliti benda-benda dan merangkainya menjadi alat yang bermanfaat. Selain telpon, Antonio Santi Giuseppe Meucci ini juga dikenal karena alat penyembuhannya yang menggunakan setrum listrik bisa menyembuhkan penyakit tertentu.

Meucci menemukan telpon pada tahun 1849 dan kemudian didaftarkan patennya pada tahun 1871. Akan tetapi paten yang ia gunakan hanyalah hak paten yang berlaku selama satu tahun. Meucci memang dikenal sebagai seseorang yang hidup pas-pasan dan uangnya juga banyak terkuras oleh biaya penyembuhannya. Meski keuangannya terbatas, Meucci tetap berusaha untuk memperkenalkan penemuannya. Salah satu usahanya adalah dengan mempresentasikan “telegraf berbicara” yang ia temukan kepada pihak Western Union. Setelah itu ia kemudian meminta untuk bertemu dengan Edward B Grant, wakil ketua Western Union. Sayangnya mereka selalu menolak dengan alasan tak punya banyak waktu. Selang dua tahun, Meucci memutuskan untuk meminta kembali segala materi yang berkaitan dengan penemuannya yang dahulu diberikan kepada Western Union. Namun Meucci harus gigit jari sebab mereka beralasan semua dokumennya hilang.

penemu telpon
Antonio Santi Giuseppe Meucci,

Menanjak tahun 1876, Meucci kaget saat seorang bernama Alexader Graham Bell mendaftarkan paten sebagai penemu telpon, alat yang ditemukan oleh Meucci. Ia tak terima dan memanggil pengacara untuk berperkara. Sayangnya, Money Talks dan Meucci harus menelan kekalahan dan memilih merelakan telpon diakui oleh Bell.

Namun fakta akan selalu terkuak pada waktunya. Di luar rencana, hubungan antara Alexander Graham Bell dan pihak perusahaan Western Union memburuk. Kemudian muncullah fakta yang mengagetkan banyak pihak. Ternyata ada konspirasi antara Bell dan Western Union. Untuk mendapatkan materi telpon milik Meucci, Bell ternyata sepakat membayar Western Union dengan kalkulasi 20% dari keuntungan patennya selama 17 tahun. Terkuaknya fakta ini membuat beberapa orang kembali menelusuri siapa sebenarnya penemu telpon. Penyelidikan tersebut berakhir di nama Antonio Santi Giuseppe Meucci, yang sebenarnya telah mematenkannya di tahun 1871 meski hanya berupa paten sementara.