Berkenalan Dengan Penemu Twitter : Jack Dorsey!

Siapa yang tak mengenal Twitter? Situs microblogging yang penggunanya hampir menembus 100 juta orang! Situs dengan logo burung mungil berwarna biru ini merupakan pesaing ketat Facebook besutan Mark Zuckerberg yang lebih dahulu dirilis dan meraih popularitas di seluruh dunia. Twitter menawarkan tampilan yang jauh lebih segar bagi sebagian orang. Twitter juga dianggap jauh lebih mudah ketimbang Facebook. Maka itu, tidak heran jika banyak tokoh terkenal yang menyukai Twitter ketimbang situs jejaring sosial lainnya. Boleh jadi Anda juga pengguna Twitter yang suka berkicau dan menambah jumlah tweets setiap harinya. Jika iya, tahukah Anda siapa tokoh di balik Twitter? Kabarnya, sama seperti facebook, penemu Twitter juga seorang pribadi muda yang digilai banyak wanita. Siapa dia? Jack Dorsey jawabannya.


Dorsey merupakan pribadi muda yang menghabiskan waktunya di masa lalu sebagai seorang programmer. Pria yang lahir di kota Missouri pada tanggal 19 November tahun 1976 ini pertama kali mendapatkan ide mengenai Twitter di usianya yang baru mencapai 24 tahun saat itu. Ide sederhananya sebenarnya hanya ingin mempermudah komunikasi seseorang dengan merubah polanya. Ide tersebut kemudian bermuara pada Twiter yang secara resmi lahir di tanggal 21 Maret 2006 silam.

Sesungguhnya Jack Dorsey memang bisa dianggap sebagai penemu Twitter sebab memang situs jejaring yang masuk dalam 4 situs yang paling sering diakses di dunia ini lahir dari ide brilian Dorsey. Hanya saja, dalam mewujudkan kelahiran Twitter, ia tidak bekerja sendiri. Ia merekrut dua tokoh lainnya bernama But Ztone dan juga Evan William. Biz Stone memahami konsep ide Dorsey layaknya cara burung berkomunikasi dimana ringkas dan cepat merupakan poin utama yang paling penting. Konsep matang Twitter dikerjakan bersama-sama secara tim. Setahun setelah dirilis, tepatnya pada April tahun 2007, Twitter kemudian menjadi perusahaan yang beridri sendiri dan dinamai Twitter Inc. Di tahun ini pula, popularitas Twitter mulai merangkak ke atas secara drastic. Perubahan signifikan ini tidak terlepas dari sebuah festival bernama SZSW dimana selama acara besar tersebut berlangsung, pengguna twitter membengkak dengan jumlah kicauan yang terus bertambah. Banyak pihak yang berpendapat bahwa kepopuleran Twitter dimulai dari festival tersebut.

penemu twitter

Seiring berjalannya waktu, Twitter Inc. di bawah pimpinan Jack Dorsey semakin mematangkan fitur-fitur yang ada pada Twitter. Salah satu langkah signifikan yang mereka lakukan adalah perubahan logo Twitter yang awalnya tulisan “TWITTER” berwarna biru cerah menjadi tulisan "TWITTER" berwarna hitam yang dipermanis dengan keberadaan seekor burung mungil berwarna biru cerah. Burung tersebut hingga saat ini merupakan signatur kuat dari Twitter. Burung Twitter bernama Larry The Bird yang diambil dari nama salah satu pemain NBA.

Tahukah Anda siapa orang pertama yang berkicau di Twitter? Jawabannya Jack Dorsey! Penemu Twitter dengan wajah rupawan ini menuliskan tweet pertama yakni “Just setting up my twtr”. Ia berkicau pada tanggal 21 Maret 2006 tepatnya di jam 12.50 waktu setempat.