Mari Berkenalan Dengan Penemu Handphone: Martin Cooper!

Penemu Handphone
Siapa tak tahu handphone? Gadget canggih yang satu ini dikenal sebagai alat komunikasi istimewa yang menebas jarak manusia dan menjadikan pola komunikasi jauh lebih efektif dan mudah. Handphone menjadi salah satu barang wajib yang dimiliki hampir semua orang. Gadget ini memang populer terlebih saat ini perkembangan teknologi membuat fungsi handphone semakin kompleks. Meski populer, tapi bukan jaminan semua orang tahu siapa tokoh yang menjadi penemu handphone. Ilmuan yang berjasa tersebut bernama Martin Cooper! Ia lahir pada tahun 1928 tepatnya pada tanggal 12 Desember. Ia dikenal sebagai pionir industri komunikasi nirkabel.

Cooper lahir di Chicago Illinois. Orangtuanya imigran Yahudi yang berasal dari Ukraina bernama Arthur dan Marry Cooper. Martin Cooper sendiri merupakan alumni IIT atau Illinois Institute of Technology di tahun 1950. Sementara itu, pendidikan masternya dimulai di tahun 1957. Pada tahun 2004, IIT menganugerahkan Doktor Honoris Klausa kepada Marton Cooper.


Karir pertama Cooper dibangun di Reserve Officers Training Corps yang merupakan divisi dalam Angkatan Laut milik Amerika Serikat. Ia kemudian ditugaskan bergabung dalam Perang Korea. Ia bertugas memonitoring kapal perusak AS. Selanjutnya ia kembali ditugaskan di sebuah kapal yang berpusat di wilayah Hawaii. Saat perang dunia selesai, Cooper memilih keluar dari Angkatan Laut AS dan bergabung dengan sebuah perusahaan bernama Teletype. Ia kemudian memutuskan untuk resign di tahun 1957. Karir cemerlang Cooper baru dimulai sejak ia berganbung dengan perusahaan Motorola (Motorola Inc.) sebagai Senior Development Engineer. Dia mengembangkan banyak produk termasuk di dalamnya Cellular-like portable handheld police radio system yang diciptakannya untuk Kepolisian Chicago di tahun 1967.


Seiring waktu, karir Cooper makin menanjak dengan ditunjuk menjadi kepala divisi Sisitem komunikasi di Motorola Inc. Tahun 1973 tepatnya pada tanggal 3 April, Martin Cooper bersama timnya berhasil menciptakan sebuah telpon genggam pertama dengan nama DynaTAC. Meski dikerjakan bersama timnya, namun semua orang mengatahui bahwa cooper-lah pencetus ide tersebut sehingga wajar jika sampai sekarang ia tetap dikenal sebagai penemu handphone. Tahukah Anda siapa orang pertama yang ditelpon Cooper? Buka isterinya. Bukan anaknya. Bukan keluarganya. Bukan tetangganya! Jawabannya adalah pesaingnya yang bernama Dr. Joel S. Engel yang mengepalai Bell Labs, sebuah perusahaan pesaing Motorola Inc. Cooper menelpon dari salah satu jalan raya di New York. Ia berkata:

"Joel, this is Marty. I'm calling you from a cell phone, a real handheld portable cell phone."

Panggilan pertama Cooper tersebut menandai lahirnya babak baru dalam berkomunikasi. Menebas jarak tanpa harus bergantung lagi pada kabel. Martin Cooper menjadi salah seorang tokoh yang akan dikenang sejarah mengingat handphone sekarang merupakan gadget canggih yang dimiliki hampir semua orang. Berkat Martin Cooper, sang penemu handphone, dunia semakin rekat tanpa jarak. Dunia yang kita kenal dewasa ini.