Tokoh Jenius Penemu Komputer: Charles Babbage!

Penemu Komputer
Lahirnya komputer menandai babak baru dalam kehidupan manusia. Komputer menjadi salah satu alat yang cukup vital dan kini digunakan dalam berbagai sektor. Sejatinya, komputer merupakan alat yang digunakan untuk mengolah data dengan menggunakan sistem operasi tertentu. Kompuer sendiri merupakan kata yang merujuk pada mereka yang profesinya berhubungan dengan sistem perhitungan aritmatika dengan tanpa manggunakan alat bantu apapun. Namun saat ini, saat orang-orang menggunakan kata komputer untuk merujuk pada sebuah alat bebasis teknologi. Komputer saat ini telah menjadi bagian tak terpisahkan dalam kehidupan manusia. Tak dapat dipungkiri, dengan kehadiran komputer, banyak hal yang menjadi lebih mudah dan praktis. Seharunyalah kita berterimakasih pada sang penemu komputer. Siapa orangnya? Jawabannya adalah Charles Babbage.

Menelusuri sejarah memang sedemikian rumitnya sehingga sangat susah untuk memastikan siapa yang “pertama kali” melakukan suatu hal. Namun, dunia telah bersepakat bahwa penemu komputer yang pertama kali adalah Charles Babbage. Hanya saja harus diakui bahwa tokoh tersebut juga sebenanrnya menyempurnakan teori yang dimunculkan oleh ilmuan-ilmuan pendahulunya. Charles Babbage adalah seorang ilmuan yang digelari penemu komputer. Ia lahir pada tahun 1791 dan menghembuskan napas terakhirnya di tahun 1871. Ia berasal dari Inggris dan dari idenyalah bersumber gagasan mengenai komputer yang dioperasikan dengan sebuah program. Charles Babbage telah meneliti teorinya ini sepanjang hidupnya. Namun, sampai ia meninggal, ia tak berhasil membuktikan pada dunia apa yang ia yakini tersebut. Baru kemudian di tahun 1991, ilmuan dari generasi lainnya menguji coba teori atau gagasan milik Charles Babbage dan terbukti bahwa teori tersebut memang benar adanya.


Gagasan Charles Babbage sesungguhnya (sedikit banyak) bersumber dari penemuan mesin hitung seorang ilmuan yang berasal dari Prancis bernama Gottfired Wilhelm Von Leibniz. Beliau sebenarnya seorang filosof matematika. Rancangan alatnya bisa mengurangi, menjumlahkan serta menghitung pembagian. Alat tersebut menggunakan sistematika binary dalam pengoperasionalannya. Sistem tersebutlah yang menjadi dasar operasi sistem komputer yang dikenal di kemudian hari. Selain Von Leibniz, sesungguhnya ada ilmuan lain yang bernama Jacquard yang mempengaruhi gagasan Charles Babbage. Ia menemukan sebuah sistem kerja yang hampir mirip dengan mesin tenun. Sistem tersebut yang pada akhirnya juga ikut lebur dalam keseluruhan sistem kerja komputer dewasa ini.


Charles Babbage, sang penemu komputer kemudian mengembangkan kedua teori ilmuan tersebut di atas dan menjadi sebuah gagasan yang bermuara pada sistem komputer. Ide awal Charles Babbage didasari pula keluhan dalam sistem perhitungan yang masih menggunakan table matematika. Sistem ini sering mengalami kesalahan sehingga berakibat pada kacaunya data-data. Dengan tekad memperbaiki kesalahan tersebutlah yang membuat ia berhasil menemukan gagasan mengenai komputer. Diduking kecerdasan dan kegigihannya, gagasan yang saat itu dianggap tak masuk akal kini menjadi nyata dan digunakan umat manusia untuk mempermudah pekerjaannya. Jadi, tak ada salahnya berterimakasih pada Charles Babbage bukan?