Mark Zuckerberg: Si Jenius Penemu Facebook

Jika diterjemahkan secara bebas, kenalkah Anda dengan situs bernama Buku Muka? Mungking kurang familiar, bagaimana dengan Facebook? Agaknya hampir semua orang yang menggunakan jejaring internet mengenal situs jejaring sosial yang lahir di tahunn2004 ini. Meski mendapat gempuran dari berbagai pesaingnya, namun harus diakui, saat ini Facebook masih saja berjaya dan dinobatkan sebagai situs jejaring sosial dengan jumlah pengguna terbanyak. Dengan anggka yang terus membengkak serta sejumlah iklan yang terus bermunculan di Facebook, tidak heran jika kemudian penemunya dinobatkan sebagai salah satu pria muda dengan penghasilan luar biasa. Pria muda ini bahkan pernah digelari Man of the Year oleh majalah bergengsi TIME. Siapa penemu facebook?

Pria cerdas yang menjadi tokoh di balik lahirnya facebook adalah Mark Zuckerberg. Ia lahir dengan nama lengkap Mark Elliot Zuckerberg. Kota kelahirannya adalah White Plains dan tumbuh besar di Dobs Ferry West Chester Country, sebuah kota kaya di pinggiran Sungai Hudson Amerika Serikat. Zuckerberg beruntung memiliki dua orang tua dengan latar pendidikan yang kuat. Ayahnya seorang dokter sementara ibunya yang berana Karen Zuckerberg berprofesi sebagai psikiater. Mark tumbuh bersama saudanya yang lain: Arielle Zuckerberg, Donna Zuckerberg dan juga Randi Zuckerberg. Dari namanya, siapapun bisa menebak bahwa keluarga Zuckerberg memiliki darah Yahudi. Meski pada faktanya, dengan terang-terangan Mark Zuckerberg mengemukakan bahwa ia seorang atheis yang taat.


Sejak kecil, Mark sudah menunjukkan kepandaiannya. Saat bersekolah di Akademi Phiilips Exter, ia dikenal sangat meguasai studi klasin juga ilmu pengetahuan alam. Setelah lepas dari SMA, ia dikenal sebagai salah satu siswa dengan kemampuan mencengangkan. Ia menguasai (menulis dan membaca) bahasa Prancis, Ibrani, Yunani Kuno dan juga Latin. Berkat kepandaian tersebut yang kemudian mengantarkan Mark Zuckerberg memasuki gerbang Harvard University yang dikenal sebagai tempat mereka yang berotak encer kuliah. Ia bahkan terdaftar dalam dua jurusan sekaligus: Psikologi dan Komputer.

Penemu Facebook

Dalam masa perkuliahan, ia mengajukan sebuah ide untuk membuat sebuah situs pertemanan di antara para mahasiswa. Ide ini muncul dari kebiasaan kampus Harvard yang membagikan Face Book atau buku mahasiwa dengan foto-foto lengkap agar mereka saling mengenal satu sama lain. Sayangnya, ide brilian Zuckerberg ditolak mentah-mentah. Namun, hal tersebut tak membuatnya berhenti. Ia tetap mencari berbagai cara untuk mewujudkan idenya. Langkah pertamanya adalah dengan membuat situs bernama CourseMatch dengan alamat www.coursematch.com. Situs ini memungkinkan semua teman kelasnya berkominikasi secara mudah. Minat terhadap Coursematch tidak terlalu signifikan. Namun Mark tidak berhenti sampai di situ. Ia kemudian membuat situs lainnya bernama Facemash. Mark kemudian meretas data-data mahasiwa Harvard dan memasangnya di Facemash. Perhatian terhadap situs tersebut menjadi besar sebab Mark menambahi fitur untuk memilih siapa di antara mahasiswa tersebut yang paling Hot dan keren. Pancingan Mark ini agaknya berhasil sebab orang-orang kemudian berbondong-bondong mengunjungi Facemash. Melihat hal ini, pihak Harvard geram dan kemudian memutuskan sambungan internet mahasiwanya untuk sementara. Mark diperkarakan sebab tindakan meretasnya dianggap sebagai pencurian data. Mark memang menyampaikan permintaan maafnya, namun ia tak menyesal. Terbukti dengan kelahiran Facebook di kemudian hari yang ia luncurkan secara resmi di tahun 2004.

Sejak diluncurkan, Facebook menargetkan komunikasi yang mudah di antara para mahasiswa. Namun pada perkembangannya, peminat Facebook tidak lagi terbatas pada mahasiswa antar-kampus. Akhirnya, Mark membuka Facebook secara umum yang menghubungkan semua orang dalam satu situs www.facebook.com . Jika dicermati, sistem yang dipakai facebook tak jauh berbeda dengan Myspace yang lebih dulu muncul. Hanya saja, aplikasi pendukung yang kaya membuat facebook lebih menarik dan unggul dari Myspace.

Sebagai penemu facebook, Mark Zuckerberg memperoleh sejumlah kekayaan yang jumlahnya bukan main. Bahkan oleh majalah Forbes, ia dinobatkan sebagai salah satu pemuda terkaya di dunia. Facebook kemudian mengubah haluan dan tujuan Mark Zuckerberg. Ia memutuskan keluar dari Harvard dan fokus pada pengembangan Facebook. Keputusan ini berhasil membuat Facebook semakin matang bahkan hingga sekarang.


Namun banyak hal menarik yang bisa disimak dari keberhasilan Mark Zuckerberg, salah satunya adalah gaya hidupnya yang tidak berubah sama sekali meski ia telah menyandang gelar Milyuner. Sebagai penemu facebook yang bergelimang harta, Mark Zuckerberg memutuskan tinggal di sebuah apartemen kecil yang sederhana. Baru setelah menikah dengan kekasihnya Pricilla Chan, Zuckeberg pindah ke sebuah rumah yang juga dijadikan salah satu basis Facebook. Berbicara soal asmara, pria yang satu ini juga dikenal sangat setia. Pricilla Chan sendiri mulai ia pacari sejak ia di Harvard. Dan perasaan cinta mereka tidak berubah meski Mark Zuckerberg telah berubah dari mahasiswa biasa yang dikenal Chan hingga menjadi milyarder dengan aset-aset tak ternilai.